Minggu, 16 April 2017

Trem di tengah kota Kendal, Mungkinkah?



Trem di tengah kota Kendal, Mungkinkah?

                Melihat tayangan TV One pagi ini tentang sejarah kereta api di Indonesia menyadarkan  bahwa dulu Jakarta dan beberapa kota besar di negara ini pernah punya sejarah kereta api listrik yang dikenal sebagai KRL atau Trem , infrastruktur trem bahkan pernah menjadi salah satu moda transportasi yang jadi urat nadi hidup bermasyarakat waktu itu, namun sayang, hanya karena  perubahan politik dimana suatu era yang disebut orde baru tidak menyukai perkembangan perkereta apian dimana Serikat Buruh Kereta Api  disebut sebagai onderbouw organisasi politik terlarang maka pembiaran kematian dunia trem tengah kota  menggejala dan berakibat fatal hilangnya trem dan diganti dengan didorongnya transportasi model  jalan raya, jalan tol dan  setelah sekian tahun maka kemacetan parah di ibukota negara kita  adalah sebuah kenyataan, bandingkan dengan kota besar atau ibukota negara lain yang punya sistem trem bagus dan ada tradisi naik kereta api untuk bekerja, beraktivitas dll, contoh : Tokyo?,Singapore?, maka akan nampak bahwa kita jauh tertinggal, sekilas juga akan kita akan menengok tentang kultur ,budaya disiplin, budaya teratur menjadi sebuah faktor pembanding yang layak diperhatikan.

                Mari sedikit bermimpi  bahwa alangkah nyaman kita bekerja dan beraktivitas jika di tengah kota mulai dari ujung barat Jawa Tengah hingga ujung timurnya ada terintegrasi sebuah moda transportasi kereta listrik, gampangnya kita sebut Angkot kereta api, yang ada melintas disepanjang pinggir pantura, berhenti di tempat2 strategis,halte2 dibeberapa tempat umum seperti terminal dan depan pabrik atau depan tempat wisata, putar imajinasi kita seperti melihat trem melintas di tengah Kendal  kita seperti yang ada di film film televisi buatan luar negeri. Agak lucu dan anda akan menyebut saya terlalu drama sekali , namun bukankah semua berawal dari imajinasi?.

                Diperlukan seorang saja pemimpin yang mau bermimpi dan mewujudkannya , entah itu Gubernur,Bupati atau Presiden ,whatever, namun jika mimpi tentang trem tengah kota Kendal dan terhubung dengan seluruh kota besar di Jateng, maka akan menjadi sebuah cerita usang yang terjadi sekarang dimana setiap jam 7 pagi mulai dari GBL Kendal hingga Mangkang Semarang anda melihat ribuan motor dari para pekerja memadati jalan raya. 

                Ah, kawan, kadang udara pagi membuat saya berimajinasi gak tentu arah, jadi, angggap saja anda membaca sebuah buku tentang cerita fiksi , silahkan lanjutkan tidur dan saya persiapan untuk bekerja besok. Nice sleep yaa..

#trem #KAI #jokowi #ganjarpranowo #train #jawatengah #indonesia #kabinetkerja @jokowi @ganjarpranowo

( Aryo Widiyanto,seniman,  Journalist, Traveller , Backpacker, , Photographer, dan Abdi Negara, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi , Facebook :Aryo Widiyanto, email di : aryo_widi@yahoo.co.id. Address: Jl Sriagung 234 Cepiring Kendal Jawa Tengah Indonesia. Instagram :Aryo Widiyanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar