Minggu, 20 November 2011

PETUAH BIJAK SEPANJANG MASA
Dan sejumlah cerita tentang Motivasi hidup



-Aryo Widiyanto-

">Peribahasa adalah kebijakan segala jaman dalam kata paling ringkas (Goethe)






















1






















Ada satu panggilan sakral pada hidup kita dan pertanyaannya adalah : Apakah anda akan menghabiskan hidup berputar putar tanpa tujuan atau meluangkan waktu dan sungguh sungguh menciptakan jalan anda sendiri menuju kebaikan anda yang tertinggi? Anda tak bisa membiarkan orang lain menentukan hidup anda , Anda adalah penulis kehidupan anda sendiri ( Oprah Winfrey)














2


















Jangan pernah putus asa untuk menggapai impianmu, dimanapun, kapanpun, suatu hari nanti bagaimanapun caranya kau akan berhasil { Danielle Steelle}.





















3


Kata Pengantar


Sebagaimana kata Goethe “Peribahasa adalah kebijakan segala jaman dalam kata paling ringkas “ petuah, petunjuk, peribahasa ,perkataan atau apapun namanya senantiasa tetap menarik untuk disimak, diikuti dan diteladani oleh kita.
Dalam peribahasa kita akan menemukan beragam motivasi di berbagai segi kehidupan baik itu cinta, keluarga, kemasyarakatan, politik,dan pekerjaan .
Petuah juga bisa mengingatkan kita untuk senantiasa mensyukuri sesuatu seperti misalnya “Orang miskin sedih karena tak punya sepatu sampai ia bertemu dengan orang yang tak punya kaki ( Ted Helms }” atau “Orang yang sehat memiliki harapan dan orang yang memiliki harapan memiliki segalanya (Peribahasa Arab)”.
Peribahasa juga bisa memacu kita untuk selalu konsisten dengan pekerjaan kita seperti yang diutarakan oleh Ir Yusuf Surachman DjayadiharjaM.Sc seorang Oceanot dari Indonesia yaitu “Tekuni saja apa yang kamu suka dan hadapi sekarang, berusahalah sebaik mungkin karena suatu saat akan membuahkan hasil yang menakjubkan “atau bisa juga menjadi sebuah penambah semangat ketika kita jatuh dalam kemiskinan atau kebangkrutan seperti “Kemiskinan pada waktu muda memang tak nyaman tapi diantara seluruh factor yang diperlukan untuk menjadi kaya, kemiskinan masa muda menduduki tempat tertinggi ( Emerson)” . mungkin juga sebagai rambu agar kita tidak berlebihan layaknya “ Berlagak kaya membuat orang tetap miskin (Clara Swensons)”
Berbagai kutipan sebagai isi dari buku kecil ini saya ambil dari berbagi buku para motivator seperti Frank Tibolt, Carol Kinsey Goman, Dino Patti Djalal dsb,dengan harapan mungkin bisa menjadi sebuah catatan kecil yang dapat kita berikan pada teman, saudara, kekasih ataupun anak dan istri , bisa juga sebagai koleksi di perpustakaan pribadi di rumah , sebagai pengingat dan kenang kenangan yang mampu bertahan hingga batas terakhir kekuatan sebuah buku.
Akhir kata buku ini saya dedikasikan untuk para pembaca semoga bisa menjadi sedikit sumber inspirasi dan perenungan guna menuju kualitas hidup yang semakin bertambah baik di masa depan.

Selamat menikmati




Aryo Widiyanto.





4

Chapter I : Boneka Daruma nenek Nobita






Dalam film kartun Doraemon produksi Jepang, sosok Nobita digambarkan sebagai seorang anak yang cengeng, manja, penakut dan malas, berbeda dengan citra umumnya orang Jepang yang kuat, ulet, bersemangat dan pantang menyerah.
Dalam sebuah episode, diceritakan, Nobita dilanda keputus asaan cara satu satunya bagi anak itu adalah dengan menangis . bagi sebagian orang menangis memang melegakan, namun setelah tangisan reda, adakah masalah yang dihadapi selesai?, belum tentu.
Ditengah kesedihannya, Nobita teringat akan nasehat neneknya, sang nenek berkata “ Anak lelaki jangan mudah menyerah, contohlah boneka Daruma ini ( Boneka Daruma adalah Boneka tradisional Jepang yang punya dasar bagian bawah bundar melebar sehingga dia tetap berdiri lagi walaupun didorong dan dijatuhan dari segala arah).
“Daruma” kata nenek Nobita, “tak pernah putus asa, ketika dia jatuh seketika dia bangun lagi, tanpa menangis, tanpa mengeluh, kau harus kuat Nobita” tutur sang nenek kepada cucunya.
Tercerahkan oleh petuah neneknya , Nobita kembali bersemangat menjalani hidupnya, kembali ceria dan menatap kedepan dengan keyakinan yang bertambah kuat dari sebelumnya.
















































PETUAH BIJAK SEPANJANG MASA



1. Hidup tanpa Cinta, tanpa kehadiran yang dicintai adalah hampa hanya sebuah pertunjukan lentera ajaib, kita mengambil slide demi slide dan dengan cepat merasa bosan dengan gambar yang ditampilkan, lalu melewatinya agar gambar berikutnya bisa dengan cepat terlihat. {Goethe}
2. Hidup Bahagia adalah sebuah proses bukan keadaan, itu adalah arah bukan tujuan (Carl Roger)
3. Hidup tak bisa dijalani dengan tergesa gesa (Pepatah Maasai)
4. Saya adalah seorang seniman kehidupan dan hasil kreasi seni saya adalah hidup saya {Suzuki,Guru Zen}
5. Bukan aku, bukan orang lain yang bisa menempuh jalan itu bagimu, kau harus menjalaninya sendiri (Walt Whitman)
6. Hidup hanya bisa dimengerti dengan memandang ke belakang tetapi hidup harus dijalani dengan menapak ke depan { Kierkegaard}
7. Sesungguhnya anda sendiri yang harus membuat kerja setiap hari menjadi satu kesenangan (Edward Carpenter}
8. Serangan adalah seperti tawaran yang tak kita sukai , kita tidak bisa menolak untuk tidak ditawari tapi kita tidak harus menerimanya {Charles H Surgeon)
9. Satu satunya cara untuk menghindari kritik adalah dengan tidak melakukan apa apa , tidak menjadi apa apa {Elbert Hubbard}
10. Yang membuat anda marah menundukkan anda (Suster Kenny)
11. Berlagak kaya membuat orang tetap miskin (Clara Swensons)
12. Orang miskin sedih karena tak punya sepatu sampai ia bertemu dengan orang yang tak punya kaki ( Ted Helms }
13. Mutu adalah Pemenang , meski orang bijak tak mengetahui semua hal, namun dia tahu hal yang berguna { Emerson)
14. Supaya berhasil dalam hidup dan menjadi kaya anda tak perlu mengetahui segala sesuatu, asal anda mengetahui sedikit hal penting dan menjalankannya (Andrew Carnegie)
15. Anda tak bisa lebih maju dibanding orang lain pada umumnya kalau anda tak berfikir lebih dari mereka (Dr Conant)
16. Siapakah orang bijak ? adalah dia yang belajar dari semua orang ( Gladstone)
17. Peribahasa adalah kebijakan segala jaman dalam kata paling ringkas (Goethe)
18. Niat baik terhadap orang lain adalah magnet terkuat menimbulkan niat baik orang lain (Lord Chesterfield)
19. Prinsip terdalam dalam kodrat manusia adalah kebutuhan untuk dihargai (WM James)
20. Keinginan paling kuat dalam kodrat manusia adalah hasrat untuk menjadi hebat {Freud)
5
21. Keinginan pertama dan utama dalam kodrat manusia adalah hasrat untuk menjadi penting (Dewey}
22. Carilah hal baik pada diri orang lain dan anda tak akan jadi tua ( Dr Wood Hutchison)
23. Ada tiga hal yang harus dihormati pangeran atau penguasa , yaitu tanah, rakyat dan Administrasi Negara . Seandainya ia lebih menginginkan harta dan wanita maka pastilah bencana akan menimpanya. {Mencius, Filsuf Tionghoa}
24. Tekuni saja apa yang kamu suka dan hadapi sekarang, berusahalah sebaik mungkin karena suatu saat akan membuahkan hasil yang menakjubkan {Ir yusuf Surachman Djayadiharja M.Sc./Oceanot Indonesia}
25. Belajar dari orang-orang besar adalah menuju sukses di bahu para raksasa {Elbert Hubbard)
26. Untuk menjadi pemenang , Mulailah {Dr Conwell}
27. Bila hanya ada satu yang bisa anda berikan pada anak anak anda maka biarlah itu hanya disiplin diri {Ross Perot)
28. Kalau kebosanan tak didapatkan dari sebuah buku, maka buku itu tak layak dibaca , kebosanan akan menghilang begitu minat tumbuh. ( Cromwell}
29. Bukan kesarjanaan melainkan kedisiplinan diri yang merupakan akhir dari pendidikan (Elliot)
30. Desaklah diri anda, paksalah diri anda, buatlah diri anda sendiri melakukan satu hal berguna setiap hari (Frank Tibolt)
31. Musuh adalah guru yang menyamar {Musashi ,Halaman 1153}
32. Orang akan memperlakukan anda seperti anda memperlakukan mereka (winston Churcill}
33. Kita berminat pada orang lain kalau mereka berminat pada kita {Horace}
34. jika anda menginginkan orang senang bertemu anda, maka anda harus senang bertemu mereka {Goethe}
35. Ilham kadang menghasilkan sebuah tulisan, tapi sepuluh kali lebih sering bahwa menulis menghasilkan ilham ( Frank Tibolt)
36. Jenius itu satu persen ilham/inspirasi dan 99 persen Keringat/Perspirasi (Edison)
37. Membaca membuat orang seutuhnya, Pidato menciptakan orang siap, Menulis menjadikan orang eksak.(Bacon)
38. untuk setiap buku yang saya tulis saya membaca 500 buku untuk mendapatkan materi bagi buku tersebut ( Will Durant)
39. Seseorang akan membaca separuh isi perpustakaan untuk mendapatkan materi bagi bukunya (Samuel Johnson)
40. Anda tak akan bisa mencapai lebih daripada orang kebanyakan kalau anda tak berfikir lebih dari orang kebanyakan (Dr Conant University Of Harvard}
41. Kita dapat mengubah diri kita sendiri dengan berusaha menyamai orang orang besar, membaca, belajar meditasi dan berdoa (Frank Tibolt)
42. Jalan pintas mudah dan cepat untuk mengubah diri anda sendiri adalah dengan mempunyai sasaran dan bekerja untuk mencapainya (Frank Tibolt)
43. Pandanglah hari ini karena inilah hidup, kehidupan dari segala kehidupan (Frank Tibolt )
44. Orang yang berharga adalah orang yang tetap tersenyum walau terjadi ketidak beresan pada segala sesuatu (Frank Tibolt)

45. Cari dua sisi baik pada setiap orang yang kita temui {Frank Tibolt)
46. pikiran manusia sekali berkembang tidak akan pernah kembali ke dimensinya semula {Oliver Wendell Holmes)
47. Cara cepat untuk meraih sukses adalah dengan berusaha terus dan belajar dari kesalahan ( Tom Watson Sr , Pendiri IBM)
48. gunakanlah matamu seolah olah esok hari engkau akan menjadi buta { Seorang teman pada Hellen Keller}
49. Muliakanlah semua hal yang diungkapkan dunia kepadamu dengan kesenangan dan keindahan (Anonim)
50. Untuk menjadi seorang Master di usia tua anda harus memperoleh keberanian seorang anak saat mereka tidak tahu apa apa { Herry Miller }
51. Tak ada seorangpun yang patut ditakuti kecuali rasa takut itu sendiri ( Franklin Delano Rosevelt)
52. Jatuh cintalah pada apa yang anda lakukan dan anda tak akan pernah bosan bekerja pada hari lain dalam hidup anda ( George Burn }
53. Jika kita bisa memeliharanya , kesehatan tubuh dan pikiran merupakan suatu karunia besar {George Santayana}
54. Mengharapkan kesembuhan adalah bagian dari kesembuhan (Seneca)
55. Satu satunya tempat dimana uang bisa dating sebelum adanya keberhasilan adalah di kamus (Keith Hermann)
56. Salah satu hal paling menyita waktu didunia adalah memelihara musuh ( E.B White )
57. Orang yang sehat memiliki harapan dan orang yang memiliki harapan memiliki segalanya (Peribahasa Arab)
58. Salah satu hal penting yang harus dipelajari oleh seorang kritikus adalah bagaimana ia bisa tidur tanpa diketahui orang lain dalam gedung pertunjukan (William Archer)
59. Seiring dengan bertambahnya usia, saya tak lagi memperhatikan apa yang dikatakan orang. Saya lebih melihat apa yang mereka lakukan (Andrew Carnegie)
60. Jika bisa kita akan membuat kesehatan “Menular” sebagai ganti penyakit (Anonim)
61. Orang yang baik adalah bebas, meskipun dia seorang budak, orang yang jahat adalah budak meskipun dia seorang raja (Agustinus)
62. Sebuah kritik ibarat seseorang yang tahu jalan raya namun tidak bisa mengendalikan kendaraan (Kenneth Tynan)
63. Persahabatan sering berakhir dengan cinta, namun cinta tidak pernah berakhir dengan persahabatan (Charles Caleb Colton)
64. Tanpa kehadiran bencana , kerja dan perjuangan tidak akan terwujud dan hidup akan menjadi dingin, mandul dan membosankan (Kahlil Gibran dalam sayap sayap patah)
65. Kalau ingin mengetahui siapa pelaku kejahatannya, temukanlah dahulu siapa yang beruntung dari kejahatan itu ( Padri Faria Kepada Edmud Dantes dalam Monte Christo Karya Alexandre Dumas)

7
66. Hadits Qudsi : Kesombongan adalah selendangku, Keagungan adalah sarungku, maka orang yang melepasnya dariku adalah takabur yang akan mendapat azab dariku ( HR Imam Ahmad dan Abu Dawud)
67. Hendaklah lidahmu tidak menjelek jelekkan orang lain karena setiap orang memiliki kejelekan, ketika matamu melihat kejelekan orang lain katakanlah “Wahai mata, orang lain juga memiliki mata, hati hatilah” ( Aidh Al Qarni dalam buku Durus Al Masjid Fi Ramadhan}
68. Hidup Adalah hari ini yang tak kenal hari esok {Musashi halaman 145}
69. Inilah yang penting diketahui tentang medan perang, ada yang dapat menerobos, ada yang membatasi, ada bagian yang terpencil,ada yang memungkinkan gerak melaju, ada yang harus diperhitungkan (Sun Tzu)
70. Barang siapa yang mengenal seni perang dia tak akan serampangan dalam gerakannya, dia kaya karsa dan membatasi kemungkinan karenanya Sun Tzu berkata , “barang siapa mengenal dirinya sendiri dan mengenal musuhnya dia senantiasa menang dengan mudah, barang siapa mengenal langit dan bumi maka dia menang atas segalanya (Musashi halaman 133)
71. Memang sulit untuk menjadi penguasa tapi sama sulitnya menjadi rakyat (Confucius)
72. Tidak berbuat sesuatu ketika rasa keadilan menuntutnya adalah bukti bahwa orang itu pengecut (Confucius)
73. Jika engkau memimpin pasukan yang tak terlatih itu sama saja membunuh pasukanmu sendiri ( Sun Tzu)
74. Para manusia unggul bertarung dengan kata kata bukan dengan perbuatan (Confucius)
75. Apabila engkau tak mengubah kesalahanmu maka engkau menjadi lebih bersalah lagi ( Confucius)
76. Orang yang tak mengalami perubahan hanyalah orang bijak dan orang dungu (Confucius)
77. Jadilah berani dan kekuatan dahsyat akan datang membantu ( Franklin D Roosevelt)
78. Jika anda dalam keraguan maka berlarilah cepat ( French foreign Legion)
79. Setiap masalah ada jalan keluarnya, setiap konflik ada solusinya, setiap krisis mengandung peluang (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)
80. Pemimpin harus mempunyai intelektualitas namun yamg lebih penting lagi dia harus mempunyai naluri (Jenderal Charles de Gaulle dalam buku Sword of Power)
81. Tujuan utama kehidupan adalah Hidup secara benar,berpikir benar dan bertindak benar (Mahatma Ghandi)
82. Penyakit bangsa Indonesia yang paling parah adalah mentalitas kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah (Presiden SBY dalam Buku Harus bisa )
83. Apabila kita kurang siasat itulah tanda pekerjaan hendak sesat ( Gurindam ke tujuh Raja Ali Haji)
84. Pemimpin besar biasanya selalu seorang yang bisa mempermudah sesuatu, yang bisa memotong argumentasi, debat dan keraguan , untuk menawarkan solusi yang semua orang bisa memahaminya (Jenderal Colin Powell).
8
85. Jangan pernah menjanjikan lebih daripada apa yang dapat anda berikan ( Publilius Syrus, Pengarang Romawi abad I )
86. Bahan penting dalam Politik adalah Timing (Pierre Elliot Trudeau).
87. Keramahtamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih (Lao Tze)
88. Jangan pernah gadaikan diri untuk jabatan ( Hassan Wirajuda).
89. Semua orang membutuhkan pujian terutama yang tak patut mendapatkannya (Tillie Smith)
90. Jangan berpikir sekejap pun tentang orang yang tak kita sukai (Eissenhower)
91. Jika kita bersikap buruk pada orang yang buruk maka kebaikan kita sebenarnya dangkal ( Frank Tibolt)
92. Tidak ada eksekutif yang berharga kalau dia belum membuat daftar acara tertulis ( Henry Ford)
93. Kisah lebih cepat dan mengesankan dalam menyampaikan pesan dibanding penjelasan panjang ( Abraham Lincoln).
94. Keberuntungan menyukai orang yang tabah ( Frank Tibolt)
95. Kemiskinan pada waktu muda memang tak nyaman tapi diantara seluruh factor yang diperlukan untuk menjadi kaya, kemiskinan masa muda menduduki tempat tertinggi ( Emerson)
96. Tak ada yang berkotbah lebih hebat dari semut, dia takmengucapkan sepatah katapun, dia berkotbah dengan contoh ( Frank Tibolt)
97. Bila kau mengkritik kekurangan orang lain , jangan lupa juga mengagumi kelebihannya ( Liem Kie kang)
98. Ora et labora /Berdoalah dan bekerjalah ( Rahib Santo Benedictus)
99. Ketika Perkataan sudah tak mampu mengungkapkan perasaan, maka bunga selalu bisa ( Bon Sudiyono).
100. Jangan pernah putus asa untuk menggapai impianmu, dimanapun, kapanpun, suatu hari nanti bagaimanapun caranya kau akan berhasil { Danielle Steelle).

101.Satu Orang yang memiliki keyakinan sama dengan kekuatan seratus ribu orang yang hanya memiliki kepentingan (John Stuart Mill)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar