Rabu, 28 Mei 2014

Semburan unik Gula Jawa dan Kelapa Sembuhkan Herpes.




Semburan unik Gula Jawa dan Kelapa Sembuhkan Herpes.


Definisi dari Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama varicella-zoster. Biasanya penyakit Herpes ini mempunyai ciri ciri yang di tandai dengan adanya kulit melepuh dan terasa sakit pada otot di sekitar daerah yang terjangkit bisa mulut dan  kulit.

Penyebab Penyakit Herpes zoster adalah virus Varicella zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air. Pada virus ini memiliki gejala yaitu timbul gelembung-gelembung kecil, biasanya di daerah punggung, hanya pada satu sisi, dan meliputi daerah persyarafan tertentu.

Namun  pernahkah dibayangkan bahwa ada sebuah pengobatan unik yang terkadang  penuh dengan mitos bisa mengobati penyakit ini? , seperti yang ada di Kabupaten Kendal Jawa Tengah terutama di daerah Kecamatan Cepiring, di Tahun 2014 ini masih ada sebuah kepercayaan yang meyakini bahwa penyakit Herpes atau yang biasa disebut orang lokal sebagai Dompo  atau Cacar Api bisa disembuhkan dengan semburan Gula Jawa dan Kelapa.

Namun ada syarat untuk menjadikan semburan itu manjur, diantaranya adalah bahwa yang menjadi perantara pengobatan adalah harus  seorang yang sudah berumah tangga, eits, gak semudah itu juga, ada syarat tambahan yaitu “Diwajibkan”  penyemburnya adalah Seorang gadis yang mendapatkan Duda, atau Seorang Janda yang mendapatkan Perjaka  dalam pernikahannya, selain dua syarat itu diyakini semburannya gak akan manjur deh.

Cara pengobatan Herpes ala Kendal ini juga lain daripada yang lain, yaitu Gula Jawa dan Kelapa dikunyah oleh perantara penyembuhan, kemudian setelah tercampur dalam mulut lalu diseburkan di area yang terkena herpes, biasanya dalam jangka waktu beberapa  hari Herpes akan mengempis dan hilang.

Johny (34) penduduk Jalan Sriagung Cepiring yang berasal dari Padang mengungkapkan keherannanya, “ Saya awalnya tak percaya, ketika kena Herpes atau Dompo, saya berobat ke pengobatan medis yang ada, diberi salep,pil dan segala macamnya, tapi kesembuhan belum datang juga, kemudian saya disarankan untuk diobati dengan metode semburan Gula Jawa dan Kelapa, eh, Alhamdullilah sembuh, tak masuk akal tapi nyata khasiatnya"tuturnya.

Kekayaan khasanah budaya dan pengobatan tradisional di Kabupaten Kendal sangat banyak namun  belum diekspose,padahal  keunikan dan  keberagamannya bisa menjadi sebuah ensiklopedi tersendiri bagi generasi masa mendatang. .

 (Aryo Widiyanto, Traveller, Bacpaker, penikmat seni yg tinggal di akun twitter @aryowidi, Facebook :Aryo Widiyanto dan blog :  aryowidiyanto.blogspot.com)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar