Minggu, 15 Juni 2014

Nachos Mexico di Resto Pelangi Semarang.



Nachos Mexico di Resto Pelangi  Semarang.





            Menjelajah Semarang Ibukota Provinsi Jawa Tengah untuk urusan wisata kuliner, dijamin akan selalu dinamis dan dari waktu ke waktu , berbagai macam makanan baru akan selalu ditemukan di kota yang dijuluki Venezia Van Java ini.

            Cobalah menyusuri kawasan jalan Singosari Semarang, jika dari arah Selatan sebagai patokan adalah Pespusda Jateng atau Wonderia belok kanan , jika dari jalan Imam Barjo Univesitas Diponegoro anda juga belok kanan , nah jika sudah melihat  Rumah sakit Rumani atau Politeknik Ilmu Pelayaran,anda lurus saja dan itulah  Jalan Singosari, disana merupakan pusat kuliner yang up to date dan dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota karena berbagai restoran disepanjang jalan itu menyajikan aneka hidangan mulai dari yang tradisional seperti Martabak berbagai ukuran dan citarasa di restoran Martabak House, Lunpia, Pizza di Restoran Red Pizza, hingga yang terbaru adalah aneka masakan latin di Restoran Pelangi .

            Restoran Pelangi menyajikan berbagai makanan, Kopi, Es Krim  dan berbagai snack yang unik bernuansa western, tapi yang paling menggugah selera adalah Nachos, makanan Mexico yang   memiliki bentuk  sederhana. Nachos terdiri dari keripik tortilla dengan daging Sapi Has Dalam yang disiram dengan keju cair atau saus guacamole, konon Nachos diiciptakan pertama kali pada tahun 1943 oleh Ignacio Nacho Anaya. Cara membuatnya pun mudah ,panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tomat, paprika hijau dan merah, daging sapi cincang, tabasco, gula pasir, garam, dan merica, Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental. Angkat, sisihkan,  Potong kulit tortilla menjadi bentuk segitiga, goreng kulit tortilla dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan,  Susun kulit tortilla goreng di atas piring saji, tambahkan 1 sdt penuh daging cincang. Taburi keju cheddar parut dan voila, Nachos siap mengisi ruang rasa anda dengan sensasi antara manis , asam dan pedas membaur serta membuat mata terpejam.

            Setelah puas makan Nachos dan minum segelas air mineral sebagai pengalih rasa agar tak mempengaruhi makanan lain yang akan dimakan, saya ditantang untuk makan lagi oleh dua rekan yang menjamu saya setelah Diklat sebuah perusahaan, artinya, saya makan gratis tau.

            Melihat daftar menu di Resto yang beralamat di Jalan Singosari Raya no 46 Semarang itu membuat saya tercengang, begitu banyak varian Steak mulai dari BBQ Ribs, Bistik Lidah, Cordon Blue, Dorry Oats, Cheese Chicken Snitzel, hingga Snack semacam Singkong Keju, Holland Rissoles, Bitter Ballen, Poffertjes, Sandwich dan Galantine ,lengkap, malah bingung, akhirnya saya memilih tidak makan karena kenyang, dan mencoba melirik minuman Kopi , Smoothie dan Es Krim yang membuat lidah dan liur saya menjulur macam serigala antagonis di kartun Droopy Dog.

            Tak mudah juga memilih Kopi disini, karena ada Cappucino , Mexico Cafe, Hot Americano, Blue Triple Decker, Cappucino with Kahlua dan Esspreso Single, saya pilih Esspreso single, tapi apa pula jadinya, ternyata yang sayapilih itu adalah nama dari sebuah minuman kopi yang terdiri hanya melulu saripati kopi, gak ada air atau gulanya, hanya cairan kopi kental, waduh, salah pilih nih, terpaksa pesan lagi , kali ini aku pesan Cappucino aja deh, yang gampang.

            Puas berkicau dengan para kolega, kami memutuskan untuk pulang ke rumah masing masing, tentu dengan membawa pengalaman baru berwisata boga di Venezia Van Java, nah, sekarang giliran anda, mari ke Semarang, pastikan arah yang anda tuju adalah di Jalan Singosari untuk wisata kuliner, karena jika anda slah kasih petunjuk ke sopir Taxi dan diantar ke Sunan Kuning, tentu anda akan  memakan “makanan” dalam bentuk lain. (  Ssst..Sunan Kuning itu lokalisasi di Semarang hehehehe)

Have a nice day in Semarang brow.

((Aryo Widiyanto, Traveller, Bacpaker, penikmat seni yg tinggal di akun twitter @aryowidi, Facebook : Aryo Widiyanto dan blog :  aryowidiyanto.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar