Jumat, 17 Oktober 2014

Soto Kebo kuliner mantap khas Kabupaten Batang.




Soto Kebo , kuliner mantap khas Kabupaten Batang.



                Bagi pecinta wisata goyang lidah, makanan jenis Soto memang menarik untuk dinikmati, selain tidak membosankan, Soto juga terasa ringan di perut karena biasanya porsinya sedikit  dan mangkuknya pun kecil.

                Namun di Kabupaten Batang Jawa Tengah ada sebuah makanan jenis Soto yang ditanggung akan sangat mengenyangkan perut, namanya Soto Kebo , Kebo dalam bahasa Jawa adalah Kerbau, nah, dari sinilah nama itu berasal.

                Soto Kebo  yang dijual  tepatnya di Jalan Ahmad Yani no 37 Kauman Kabupaten Batang ini unik dan terasa spesial karena selain dalam porsi besar, bumbunya yang mirip kuah Tauto Pekalongan  terasa lebih menyengat aroma rempah dan rasa daging kerbaunya yang disayat kotak menebarkan bau khas yang sedap dan merangsang nafsu makan.

                Menurut Pak Aziz sang penjual dirinya sudah puluhan tahun menjual Soto Kebo, penikmatnya tak hanya dari Batang, Pekalongan , dan Pemalang namun juga dari Brebes bahkan Jawa Barat, “ Kebanyakan para pelanggan suka dengan bumbu rempah dan irisan daging Kerbau yang empuk dan harum, tidak ada bumbu rahasia dalam Soto saya, hanya memang ada sedikit tambahan resep yang mirip Tauto yang asalnya dari daerah sebelah barat” paparnya tanpa menyebut daerah barat itu daerah mana.

                Soto Kebo Pak Aziz ini nampaknya merupakan salah satu aset kuliner unik yang dimiliki Kabupaten Batang selain Lontong Lemprak Alun Alun dan Nasi Megono, “ Setiap kali ke Batang, saya selalu menyempatkan diri menikmati Soto Kebo di warung pak Aziz ini, rasanya mantap tiada tandingan, sehabis makan pasti keringat keluar hingga badan terasa segar” tutur AKP Haryo Dekodewo Kapolsek Weleri yang berasal dari Jogja ditemani AKP Hartono Kasatreskrim  Polsek Batang yang nampak sedang menikmati hidangan yang disajikan saat keduanya istirahat siang.
 



(Aryo Widiyanto, Traveller, Backpacker, penulis di media cetak dan blogger ,fesbuk di Aryo Widiyanto, blogspot di : aryowidiyanto.blogspot.com)
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar