Selasa, 24 Desember 2013

Memelihara Jangkrik, Aktivitas anak Kendal di musim hujan.



Memelihara Jangkrik, Aktivitas anak Kendal di musim hujan.

                Musim hujan mendatangkan sebuah kesibukan tersendiri bagi anak anak si Kabupaten Kendal,di musim ini hewan Jangkrik kerap terlihat muncul di sekitar rumah mereka yang tinggal di pedesaan dan bahkan perkotaan , tak peduli siang atau malam hewan ini kerap dengan santai berjalan di tanah yang  basah sehabis hujan.

                Karena itulah banyak anak anak di wilayah yang dipimpin Bupati Widya Kandi Susanti ini menangkapi untuk kemudian dipiara di kandang ram bambu yang dirancang berbentuk segi empat dan mempunyai bilik layaknya kamar .

                Fais (7), Duta (8) dan Ryan (8) tiga bocah muridd SD 3 Cepiring saat ditanya mengenai kegemaran mereka memelihara Jangkrik menjawab bahwa  mereka suka dengan suara krik krik yang dikeluarkan oleh serangga itu, “ Jenisnya ada macam macam jangkrik, diantaranya Jrabang Geni yang berwarna merah, Jaliteng yang berwarna Hitam Legam dan Iyer yang berwarna Coklat, kalau diletakkan di kandang suara erikannya enak didengar di malam hari” tutur ketiga bocah itu .

                Berbeda dengan rekan sebayanya yang lebih besar, mereka menolak untuk mengadu serangga itu dengan alasan kasihan, alhasil Jangkrik jangkrik itu menghuni sangkarnya dengan nyaman.

                Untuk makanan, jangkrik adalah hewan yang mudah beradaptasi  dalam soal makan, “ Tapi kami beri makan biasanya sayuran sisa seperti terong, labu atau Jagung” tutur Faiz.

                Hobi para bocah itu nampaknya mendapat dukungan dari para ibu mereka, Ismawati (36)  Ibu dari Faiz mengatakan dirinya tak bermasalah dengan aktivitas piara Jangkrik itu “ Saya dukung karena ada mitos di daerah kami bahwa suara Jangkrik yang mengerik itu bisa mengusir Tikus, tapi tentu anak anak harus bertanggung jawab dengan kebersihan kandang Jangkriknya, jangan sampai  ada bau tak sedap akibat kandang yang kotor” ucapnya. .
 (Aryo Widiyanto, Penulis, tinggal di Akun Fesbuk : Aryo Widiyanto, Twitter :@aryo_widi dan blogspot :aryowidiyanto.blogspot.com, serta pin blackberry :21DC007F)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar