Kamis, 05 Maret 2015

Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kab Kendal 2015




Desa Jungsemi  Kangkung di tahun 2015

                Menyusuri jalanan aspal yang sedikit bagus namun banyak lubang ditengah jalan akibat aspal yang mengelupas dan “Dedel Duel” digerus hujan, saya mendapati banyak cerita yang mengagumkan di sebuah daerah bernama Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.

                Salah satu ceritanya adalah masih lestarinya berbagai tradisi sosial masyarakat yang turun temurun seperti Walimahan yaitu upacara adat Islami sebelum acara pernikahan dan khitanan,masih lestarinya rumah Joglo Jawa berpintu tiga utuh terbuat dari Kayu Jati yang balok balok Cagak/Tiang seta Blandarnya merupakan lempengan balok kayu Jati asli utuh tanpa sambungan, hanya di pasah dan dipernis sesuai warna aslinya.

                Kemudian melaju kearah pantainya, warga mengolah sawah disepanjang jalur menuju pantai, dimusim panas mereka menanam tembakau sementara di musim hujan berbagai palawija seperti Jagung, Kacang Panjang, Kacang Tanah mendominasi tanaman di sawahnya, ketika panen warga ramai ramai menjemur hasil panennya di pinggir jalan, hingga kadang mobil dan motor yang lewat harus menyingkir agar tak melindas panen warga.

                Saat pagi dan siang hari terkadang jika beruntung kita bisa menikmati alunan suara para Wanita mengaji kitab suci Alquran secara berombongan atau disebut Simakan Alquran, para wanita membaca Quran dengan khusuk, dengan pengeras suara dipasang di atas pohon mangga depan rumah, benar benar klasik dan penuh kedamaian, inilah Kangkung Jungsemi Kabupaten Kendal di tahun 2015 ,

1 komentar:

  1. aslmkm. untuk jalan menuju desa jungsemi tepat nya jl kh ibrahim kangkung. Knp hinga sat ini belum di perbaiki suda bertahun tahun hinga 2017 ini kondisi nya sudah sangat memprihatin kan .kami berharap semoga cepat di perbaiki .

    BalasHapus