Minggu, 01 November 2015

Gerobak Sapi Kendal



Gerobak Sapi Kendal.


                Jaman saya kecil dulu di Tjepiring Kabupaten Kendal Jawa Tengah , sekitar tahun 80 an, ketika mobil belum begitu musim, ingat saat periksa kesehatan  ke bidan Bu Kasno di Karangayu, ada satu mobil yang luar biasa heboh saat itu yaitu mobil kodok alias VW Beetle, kemudian mobil Gito Rollies alias VW Combi kotak, Truk moncong barongan yang gede warna merah, dan di jalur pantura begitu lengangnya hanya ada satu dua motor melantai di aspal mulus yang pinggirnya penuh dengan deretan pohon Asam Jawa yang teduh.

                Moda transportasi juga belum banyak kayak sekarang, hanya ada Dokar yang beroda segede piring terbang terbuat dari kayu melingkar ditarik Kuda, kemudian Becak di perempatan Gedung Bioskop  Sriagung, tapi yang sekarang sangat langka adalah Gerobak Sapi ala Kendal.

                Gerobak Sapi ini bentuknya khas, dengan gerobak berbentuk rumah rumahan Joglo beroda terbuat dari kayu, mungkin Jati atau kayu keras lainnya, dalamnya persis anatomi rumah, kosong dengan lantai datar, biasanya untuk memuat Kayu lonjoran atau Bambu ,bisa juga untuk memuat orang, namun lajunya lebih lambat dari kereta Kuda.

                Beberapa kali saya mencoba memfoto gerobak Sapi ini saat melaju di jalan raya, namun nahas, saya tak pernah menemukan angle yang pas, alhasil saya memfoto gerobak ini saat parkir tanpa sapi di daerah dusun Sembung Cepiring Kendal, tepatnya di samping Timur Pemakaman Umum Sembung.

                Tentu bagus  jika  Kendal mau melestarikan gerobak ini dengan cara membelinya atau memuseumkan sebagai bentuk kekayaan khasanah moda transportasi di kabupaten ini, dimasa datang belum tentu gerobak ini masih lestari, tapi by  the way, mana ada museum di Kendal ini . menyedihkan.

Aryo Widiyanto, Journalist,   Traveller , Backpacker, , Photographer, dan Abdi Negara, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi , Facebook :Aryo Widiyanto, email di : aryo_widi@yahoo.co.id.  Address: Jl Sriagung 234 Cepiring Kendal Jawa Tengah Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar