Jumat, 03 Juni 2016

Secuil Sejarah Tentang Gedung Soos Tjepiring Kendal Jawa Tengah

Secuil Sejarah Tentang Gedung Soos Tjepiring Kendal Jawa Tengah


Pabrik Gula Tjepiring yang terletak di desa Cepiring Kabupaten Kendal Jawa Tengah Indonesia menyimpan banyak kenangan dan sejarah tentang perekonomian dan militer jaman penjajahan Belanda, seorang warga Belanda bernama Leonie Van Daalen mencatatnya dalam sebuah artikel berjudul “Military in Tjepiring” berikut adalah sebuah cuplikan tentang sekelumit sejarah tentang gedung Soos yang ada di dalam kompleks itu yang tertulis di artikel yang dikirimkan pada saya melalui email oleh putri dari Leonie yang bernama Eva Van Daalen.

        “Sejak kemerdekaan Indonesia dideklarasikan .militer Belanda tak lagi dibutuhkan untuk patroli atau mendamaikan area dimana mereka ditugaskan, perwira tetap menjaga pasukannya dengan latihan militer dan kompetisi, beberapa belajar berenang sementara tinggal di perkebunan kami, kami melihat mereka berbaris melingkar berlomba berenang, sepeda atau lomba lari, atau para pemuda yang bergelantungan diantara dua pohon sebagai bagian dari latihannya.

      Selama pelatihan,ada seorang prajurit yang jatuh kesungai yang membentang di Cepiring (Sungai Bodri??) , sesuatu selalu terjadi . Kemudian saat mereka punya banyak waktu mereka akan berteman dengan pegawai perkebunan dan keluarganya, semua adalah alasan untuk makan malam, Rijsttafel atau dansa.

         Di hari Natal St Nicolas tidak datang tahun ini dengan kuda putihnya, tapi dia dan Black Peter datang ke Tjepiring dengan naik Tank, mereka menerima anak anak dan remaja di gedung Soos, saat Black Peter mengerjai semua orang dengan ulahnya._ dari artikel Military in Tjepiring by Leonie Van Daalen_


(Diterjemahkan oleh : Aryo Widiyanto, Journalist, Traveller , Backpacker, , Photographer, dan Abdi Negara, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi , Facebook :Aryo Widiyanto, email di : aryo_widi@yahoo.co.id. Address: Jl Sriagung 234 Cepiring Kendal Jawa Tengah Indonesia.WA/Line 0877470200)
                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar