Jumat, 22 Januari 2016

Humor Sarkastik ala Cipto Mangunkusumo



Humor Sarkastik ala Cipto Mangunkusumo.


Cipto Mangunkusumo dilahirkan pada 1886 di Desa Pecangakan, Jepara,Jawa Tengah, Ia menamatkan studi di dekolah kedokteran Stovia pada 28 Oktober 1905, Cipto adalah seorang dokter muda yang aktif dalam pergerakan kemerdekaan, Sikap egaliterian Cipto membuat dia harus dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda namun juga mengilhami semangat kemerdekaan dalam skala massif di Indonesia jaman itu.

                Cipto mempunyai selera humor sarkastik dan satir (Konon selera humor sarkastik ini hanya dipunyai orang yang cerdas dan pemberani) dimana tahun 1912 pemerintah kolonial Belanda menganugerahi bintang penghargaan bergengsi Ridder Orde van Oranye Nassau atas jasanya memberantas penyakit pes yang mewabah di daerah Malang, uniknya Cipto berhumor dengan cara Bintang penghargaan itu tak disematkan di dada, tapi di tempelkan di saku belakang celananya, Alhasil setiap serdadu Belanda yang melihatnya tak hanya hormat kepada Cipto, tapi juga hormat pada pantat pak Cipto. 

Dari Buku Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959 penulis Suparto Rahardjo , Penerbit Garasi 2015, halaman 39. Courtessy gambar : wartakesehatan.com.



(Aryo Widiyanto, Journalist,   Traveller , Backpacker, , Photographer, dan Abdi Negara, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi , Facebook :Aryo Widiyanto, email di : aryo_widi@yahoo.co.id.  Address: Jl Sriagung 234 Cepiring Kendal Jawa Tengah Indonesia )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar