Minggu, 11 November 2012

KREATIFITAS BREAK THROUGH POLRES KENDAL DALAM RANGKA MEMELIHARA KAMTIBMAS DAN MEMBANGUN WAWASAN KEAMANAN DI WILAYAH KABUPATEN KENDAL


INFO POLRI

KREATIFITAS BREAK THROUGH POLRES KENDAL

  DALAM RANGKA MEMELIHARA KAMTIBMAS DAN MEMBANGUN WAWASAN KEAMANAN DI WILAYAH KABUPATEN KENDAL

Kapolres Kendal AKBP Drs Kusdiantoro saat Sidak Mapolsek Limbangan untuk check kesiapan anggota dalam melayani masyarakat
Bersama Naga Jeep Community (NJC)
Saat Acara Nyadran di Pantai Sikucing, Kapolres naik perahu bersama warga
Bersama Wartawan di tengah hutan Darupono
Kapolres serahkan tali asih untuk Pondok pesantren di Kaliwungu Kendal
Olahraga bersama anggota di GOR Bahurekso
Bersama anggota check kesiapan alat kerja
Kapolres Kendal dan Komunitas Naga Trail Commuity (NTC) 
Muspida Kendal saat acara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)

 


Kepolisian Resor Kendal dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Drs. Kusdiantoro, SH terus melakukan terobosan dan inovasi untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat melalui program Community Policy (Perpolisian Masyarakat) serta senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya untuk melayani masyarakat.

Beranjak dari kebijaksanaan yang dibuat, dalam melaksanakan tugas: jujur, ikhlas, semangat dan bertanggung jawab untuk menghasilkan langkah-langkah kreatif dan inovatif guna terpeliharanya kamtibmas, terciptanya kesadaran masyarakat terhadap keamanan, terjadinya komunikasi positif antara polisi dan masyarakat serta mewujudkan perpolisian masyarakat secara optimal dalam rangka mendukung tugas-tugas kepolisian.

Secara garis besar ada lima langkah kreatif dan inovatif yang dilaksanakan di Polres Kendal yaitu:
1.      Mengoptimalkan Siskompolmas.
2.      Pelaksanaan Polmas terhadap “Community of Interest” (komunitas berdasarkan kepentingan ketertarikan).
3.      Pelaksanaan Polmas terhadap “Communitu of Area” (komunitas berdasarkan kawasan)
4.      Peningkatan fasilitas internal kepolisian.
5.      Membangun media kamtibmas Majalah Bhara Mitra Bahurekso sebagai sarana publikasi seluruh kegiatan kemitraan.


Langkah Pertama:
Mengoptimalkan sistem komunikasi perpolisian masyarakat.
Untuk menjalin komunikasi yang efektif dan efisien antara masyarakat dengan polmas Kendal dan sebagai perwujudan Quick Respon atau Temu Cepat, Lapor Cepat Polres Kendal senanatiasa mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya untuk melayani masyarakat yang diwujudkan dalam sistem teknologi Siskompolmas, yaitu:
-          Yang pertama adalah SMS Broadcast
Polres Kendal bekerjasama dengan telkomsel membuat terobosan berupa SMS Broadcast dengan nama pengirim Polres Kendal yang berisi informasi dan himbauan kamtibmas dari Polmas Kendal ke 6500 nomor Kartu AS yang sudah ada di data base dan dibagikan kepada lurah, kepala desa, perangkat desa, Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta anggota Linmas di masing-masing desa.
-          Yang kedua adalah SMS Gateway
SMS Informasi dari masyarakat kepada Polres Kendal 24 jam dengan nomor 08112759000.
-          Yang ketiga adalah website Polres Kendal yaitu www.polreskendal.com
-          Yang keempat adalah facebook dan twitter
Facebook dengan alamat polreskendal online serta twitter @lantaskendal yang siaga 24 jam.
-          Yang kelima adalah GPS mobile, perangkat yang dipasang dimobil patroli Polres maupun Polsek (PBB, Police Back Bone) sehingga memudahkan pengendalian patroli Polres dan Polsek serta kecepatan mendatangi TKP.

Selain itu untuk menjalani kemunikasi dengan menggunakan program Jum’at Peduli dan Jelajah Desa dalam upaya menjaga tali silaturrahmi dan komunikasi dalam menciptakan satu konsepsi keamanan dalam rangka mewujudkan situasi kondusif dan damai.

Langkah kedua
Polmas melalui Community of Interest atau komunitas berdasarkan kepentingan ketertarikan. Berbagai komunitas yang ada di masyarakat dan dengan segala bentuk ketertarikan yang berbeda-beda telah dirangkul oleh Polres Kendal yang dimanfaatkan sebagai jaringan kepolisian, sarana himbauan, pelaksanaan kamtibmas dan perwujudan Quick Respon terhadap berbagai pelanggaran yang ada. Beberapa komunitas itu adalah:
1.      Komunitas Trail
2.      Komunitas Jip
3.      Komunitas Klub Otomotif
4.      Sepeda Onthel
5.      Komunitas keolahragaan yaitu sepakbola, futsal, tenis, bulu tangkis, tenis meja dll.




Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, Polres Kendal bersama Pemkab Kendal dan elemen pemuda menyelenggarakan jalan sehat serta olah raga bersama dan juga bersama pemuda lintas agama menyelenggarakan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB).

Selain itu juga dalam membina komunikasi masyarakat berupa partnership building atau membangun kemitraan bersama masyarakat, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Didiek S. Triwidodo didampingi Kapolres Kendal beserta rombongan berkunjung di beberapa perusahaan yang ada di wilayah Kendal diantaranya : PT. Asia Pacific Fibers (APF).

Langkah ketiga pelaksanaan Polmas “Community of Area” (Polmas Kawasan)
Tujuan dari pelaksanaan Polmas kawasan adalah:
1.      Membangun keamanan kawasan suatu wilayah/area guna memelihara harkamtibmas setempat.
2.      Sebagai sarana menyelesaikan konflik baik secara ADR atau supremasi hukum, contohnya: pencurian tanaman karet di Merbuh.
3.      Sebagai sarana untuk mengelola konflik yang ada di suatu wilayah, antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas. Pelaksanaan Polmas terhadap Community of Area diwujudkan dalam 2 (dua) hal, yaitu :
a.       Satu Polisi satu Desa, Kepolisia Resor Kendal mencanangkan program satu polisi satu desa sebagai tindak lanjut dari Rumah Pelayanan Masyarakat dimana merupakan jembatan pelayanan dari Polri kepada masyarakat dan wujud peran aktif Perpolisian masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
b.      Pencanangan Polmas di bidang kehutanan dan perkebunan dengan penandatangan MoU bersama.

Langkah keempat dengan peningkatan fasilitas internal kepolisian.
Tujuan peningkatan fasilitas internal kepolisian adalah untuk meningkatkan kualitas pribadi Polri dan untuk meningkatkan mutu pelayanan prima kepada masyarakat. Wujud dari peningkatan fasilitas internal kepolisian adalah:
a.       Pembangunan sarana dan prasarana olah raga.
b.      Pembangunan ruang pelayanan prima Satuan Lalu Lintas (Ruang Uji Teori Avis), Subbag Hukum dan Sat Polair. Ruang pembayaran yang memudahkan masyarakat dalam mengurus hal yang berkaitan dengan masalah kelalulintasan seperti: SIM, STNK, BPKB, Surat Jalan, Tilang dan kecelakaan semuanya nanti akan berada dalam satu ruangan besar sehingga warga tidak akan kerepotan dalam mengurus surat kelengkapan berkendaranya.
c.       Pemasangan CCTV.

Langkah Kelima berkolaborasi dengan media Kamtibmas Majalah Bhara Mitra Bahurekso yang merupakan sarana publikasi kemitraan anatar Polres Kendal dan masyarakat. Majalah Bhara Mitra Bahurekso diterbitkan dengan memegang prinsip:
a.       Inovatif membangun
b.      Tepat, tegas dan terpercaya
c.       Netral dalam berkarya

Semua inovasi yang telah dilakukan Kapolres Kendal AKBP Drs. Kusdiantoro, SH disambut antusias oleh masyarakat dan berharap kedepannya aka nada terus inovasi-inovasi yang lain yang lebih bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres Kendal AKBP Drs. Kusdiantoro, SH memberikan motivasi kepada anggota dalam melaksanakan tugas : Jujur, Ikhlas, Semangat dan Bertanggungjawab.(Aryo Widiyanto Untuk Majalah Bhara Mitra Bahurekso Polres Kendal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar