Minggu, 24 November 2013

Festival Film Indonesia itu ternyata Di Semarang Toh?

# Festival Film Indonesia  itu ternyata Di Semarang Toh?


                Perhelatan akbar sekelas Festival Film Indonesia (FFI) yang merupakan barometer insan film dan para pecinta sinema di Indonesia untuk mengetahui kinerja dan hasil karya para sineas  di negara ini ternyata gaungnya tak begitu terdengar.

                Sabtu 23/11 atau seminggu jelang  FFI Digelar di Semarang , publikasi tentang event tersebut bahkan bisa dibilang memprihatinkan, tak ada berita yang menyinggung adanya FFI di Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini , sama sekali, kecuali berita di Suara Merdeka dan Wawasan Hari ini yang secara gamblang mengangkat judul : Kesiapan Sambut FFI Dipertanyakan.

                Mengenaskan ketika sejumlah pegiat seni di provinsi bahkan tak banyak dilibatkan sebagai bagian  dari event kondang tersebut,  “ Seharusnya ada acara pendamping yang mengiringi berlangsungnya FFI sebelum acara utamnya diselenggarakan, seperti misalkan workshop tentang perfilman, promosi atau premiere film Perdana, atau bahkan sekecil pemutaran layar tancap aja gak diadakan untuk menyambut FFI di Semarang, lalu gaungnya mau didapat darimana?” tutur Dida Ahmad, Seniman dari Kaliwungu Kendal  yang lama berkiprah di Semarang.

                Berkaitan dengan keresahan para pegiat seni itu, Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah  Trenggono dalam statementnya di media massa mengatakan bahwa pihaknya hanya sebagai panitia lokal karena panitia utamanya adalah Menkominfo, Kementrian Ekonomi Kreatif dan panitia FFI pusat.


                FFI sebagai festival mentereng dan berkelas nasional, tak banyak mendapat perhatian dari warga Semarang, menyedihkan, sebuah sejarah dibidang perfilman dimana Semarang didapuk sebagi penyelenggara harus terlewat begitu saja tanpa ada kesan yang mendalam, harus diakui penyelenggaraan pentas Opera Van Java (OVJ) di Simpanglima, atau Pentas Musik yang kerap digelar di jantung kota Semarang itu lebih meriah dan lebih mengena secara publikasi dibanding penyelenggaraan FFI tahun ini di Semarang, tak heran, begitu membaca berita di koran, banyak warga Jawa Tengah yang akan bertanya, “Lho, Festival Film Nasional itu ternyata Di Semarang Toh?”.
 (Aryo Widiyanto,  Penulis, Jurnalis dan Pengamat  Pertelevisian, Tinggal Di Akun Facebook :Aryo Widiyanto. Twitter :@aryo_widi, dan  blogspot : aryowidiyanto.blogspot.com  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar