Sabtu, 10 Oktober 2015

Es Sunduk Agogo Kendal



Nostalgia Es Sunduk Agogo.

                Saat melintasi pedesaan di Kecamatan Kangkung Kendal Jawa Tengah, tanpa sengaja saya menemui sebuah moment nostalgia yang cukup membuat hati bergetar karena mengingatkan saya akan masa Sekolah Dasar dulu.

                Kenangan itu  bernama Es Sunduk Agogo, tidak tahu darimana asal nama itu, Es itu serupa dengan Es Krim namun lebih padat, serupa dengan Es Tung Tung versi pabrikan Walls, soal rasa jauh beda dengan es krim pabrikan, Es Agogo ini jauh lebih enak, rasa santan dan susunya tajam , murni handmade, dengan varian rasa seperti Kacang Hijau, Coklat dan Nangka, Es ini pernah menjadi favorit dijamannya, kami para anak dari desa yang kurang mendapat jatah makanan kota sudah merasa enjoy dan keren saat ngemut es ini sebelum menonton serial boneka Si Unyil di TVRI jam 8 Pagi setiap minggu.

                Saat mencicipi es agogo ini tadi siang, saya merasa tak ada banyak perubahan akan tekstur, rasa maupun aroma, benar benar masih sama, dan ini nih yang unik, penjualnya masih sama seperti jaman saya kecil di era 80 an , namanya Mas Jamal, kami dulu menyapanya hanya dengan sebutan Mas Mal dan ketika saya menyapanya dia masih mengenaliku, “ Hlah ini kan mas Toto yang putune bakul sate itu, kok sekarang gendut mas” tuturnya.

                Beberapa khasanah makanan dan minuman ala Kendal jaman dulu sudah jarang ada dan jikalau ada pun sudah bertransformasi dan dimodifikasi, menemukan Es Agogo ini adalah berkah bagi pecinta sejarah seperti saya, Selamat bekerja  dan semoga sukses Mas Mal, panjenengan membawa sebuah sejarah terus lestari.


Aryo Widiyanto, Journalist,   Traveller , Backpacker, Photographer, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi dan Abdi Negara, Facebook :Aryo Widiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar