Jumat, 26 Oktober 2012

Kopi Bang Kaa ,Enak Gurih Muantaaabs


 Kopi Bang Kaa ,Enak Gurih Muantaaabs









               Kopi merupakan salah satu minuman khas Indonesia dari Sabang hingga Merauke mulai dari kopi Aceh, Sidakalang, Lampung, Jawa, Bali, Flores, Bangka, Toraja hingga Wamena. Bahkan kopi tidak bisa dilepaskan dari  kehidupan sehari-hari masyarakat mulai dari miskin  hingga kaya. Ada beragam jenis kopi di Indonesia dan memiliki beragam cita rasa diantaranya yaitu kopi asli dari  Bangka Belitung. Selama 40 tahun kopi asli Bang Kaa dikembangkan oleh keluarga Aloy secara turun temurun, namun sekarang kopi itu mulai di kembangkan di Jateng karenja melihat potensi pasar yang bagus. Pengembangan kopi Bang Kaa tidak lepas dari peran AKBP Agus Suryo Nugroho SH MHum yang juga Wadir Lantas Polda Bangka Belitung. Launching Kopi Bangka juga disaksikan Waka Polda Jateng Brigjend Sukraini Hal tersebut disampaikan Aloy (36) warga bangka Belitung pemilik resep Kopi Bang Kaa saat lounching Kopi Bangka disalah satu rumah makan di Kendal, Sabtu malam.''Sudah empat puluh tahun keluarga kami menyimpan resep kopi Bang Kaa, namun setelah ketemu Pak Agus Suryo kami menjadi terbuka dan siap mengembangkannya di Jateng,'' ujar Aloy.

Aloy mengatakan, kopi Bang Kaa sudah empat puluh tahun diolah dengan cara tradisional dan hanya dipasarkan di sekitar Bangka Belitung. Namun sejak dirinya bertemu dengan AKBP Agus Suryo Nugroho SH MHum yang juga Wadir Lantas Polda Bangka Belitung dirinya mulai terbuka dengan usaha kopi yang selama ini ditekuni keluarganya secara turun temurun. Agus Suryo yang tertarik dengan usaha kopi yang dikelola Aloy mencoba mengembangkan di Jateng dengan mendirikan pabrik kopi di Desa Kali Gading Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.''Ahirnya kami mulai lellounching kopi Bang Kaa ini di Kendal dan akan kami pasarka ke seluruh jateng,'' ujar Pimpinan Produksi Kopi Bang Kaa, Sugeng Santoso,'' usai lounching.

Menurut Sugeng, secara umum kopi Bang Kaa sama dengan kopi pada umumnya, namun ada sejumlah perbedaan sehingga membuat rasa kopi Bang Kaa lebih nikmat dan legit. Sugeng menjelaskan, kopi Bang Kaa diolah dengan cara tradisional dan tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga tidak ada expiyet, bahkan semakin lama disimpan rasa kopi Bang Kaa semakin nikmat.''Kopi bang Kaa diproduksi dengan cara tradisional dan tidak ada campuran bahan kimia sehingga membuat rasanya nikmat berbeda dengan kopi lainnya,'' jelas Sugeng.

Dalam kesempatan itu Sugeng mengaku, saat ini setiap hari pihaknya melalui CV Surya Bharadaksa memproduksi kopi Bang Kaa sekitar satu ton perhari. Dikatakan, Kopi Bang Kaa dikemas dalam dua bentuk yaitu yang ukuran kecil seharga Rp 3000 rupiah dan ukuran besar Rp 20 ribu.''Kini di Kendal ada tambahan wisata kuliner yaitu kopi Bang Kaa yang merknya kini sudah kita daftarkan sebagai merk dagang kami,'' jelasnya.

Sugeng menambahkan, keunikan kopi Indonesia tak hanya cita rasanya, tetapi juga cara pengolahannya dan penyajiannya. Oleh karena itu, pihaknya gencar mempromosikan Kopi Bang Kaa yang merupakan penyajian kopi khas Indonesia. Ia berharap keduanya lebih dikenal masyarakat dunia.<I>Mar<P>

Keterangan Foto :Launching Kopi Bang Kaa: Waka Polda Jateng Brigjend  Ahmad Sukraini bersama pemilik resep kopi Bang Kaa Aloy dan pimpinan Produksi Sugeng Santoso memberikan ucapan selamat kepada AKBP AGus Suryo Nugroho selaku Direktur CV Surya Bharadaksa atas Launching kopi Bang Kaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar