Selasa, 30 Oktober 2012

Warga Singapura Kurban di Kabupaten Kendal


Warga Singapura Kurban di Kabupaten Kendal

                Nampaknya berkurban  jaman ini sudah bukan merupakan dalam skala lokal namun  merambah skala global melintasi pulau bahkan lintas negara.
                Seperti dalam hari raya Idul Adha 1433 Hijriah tahun ini dimana sebuah keluarga dari Singapura merayakan hari raya tersebut sekaligus berkurban 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing di Desa Cepiring Kabupaten Kendal Jumat 26/10.
                Haji Jantan Ngarmeen dan Haji Kasmani bin Hameem yang membawa serta keluarga besarnya dalam acara penyembelihan kurban bersama warga desa Cepiring tersebut mengatakan bahwa pihaknnya memang setiap tahun selalu menyembelih hewan kurban di Kendal, karena nenek moyangnya adalah memang warga asli desa Rejosari kecamatan Kangkung, “ Selain untuk menyambung tali Silaturahmi  mempererat jalinan kekeluargaan, kami juga ingin hewan kurban benar benar dinikmati oleh warga yang membutuhkan “ papar Kasmani.
                Ketika diajak berbincang lebih jauh ternyata banyak hal yang membuat mereka senang berkurban di Cepiring, diantaranya adalah karena antusiasme warga tinggi dalam menyambut hari raya Idul Adha, menurut mereka di Singapura kemeriahan tak sebanding jika disandingkan dengan kemeriahan di Kendal dimana semua warga bergotong royong mulai dari menyembelih hingga membagikan daging kurban.
                Selain itu regulasi pemerintah Singapura yang membatasi Import kambing dan Sapi juga menjadi kendala tersendiri bagi umat Islam untuk menyembelih hewan kurban “ Biasanya muslim Singapura kemudian mengalihkan kurbannya ke China, Kamboja, Indonesia atau bahkan bisa juga ke negara Afrika Selatan” jelas Jantan Ngarmeen.





                Jantan dan Kasmani mengaku puas bisa berkurban di Kendal, selain berkurban mereka juga menyempatkan berkunjung ke objek wisata Kendal seperti  Curug Sewu, pemandian air panas Gonoharjo dan makam para ulama di Kendal ditemani H. Jamzuri Affan warga Cepiring yang merupakan keponakannya.(Aryo Widiyanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar