Minggu, 21 Oktober 2012

Marwoto : Polisi Indonesia Harus Cinta Budaya


Marwoto :   Polisi Indonesia Harus Cinta Budaya

#Jadi Polisi itu Bener yo disalahke, opomaneh salah
               
 Menghabiskan malam dengan komedian asal Jogjakarta ini seakan tak ada bosannya, celotehan ringan namun berisi yang keluar dari mulut (Maaf) “menjorok sedikit keluar” yang menjadi ciri khasnya membuat Aryo Widiyanto Wartawan BM Bahurekso , Kapolsek Weleri AKP Haryo Dekodewo , Kanit Reskrim Polsek Weleri Aiptu Prapto dan Kanit Patroli Aiptu Sabdha  riuh tergelak namun tetap penuh dengan pembelajaran hidup. Berikut petikan obrolan di aula Sekartama Waterland dimana Marwoto diundang oleh Imperium Bank dan bisnis terbesar di Kendal , Kospin Sekartama.
               
 Bhara Mitra Bahurekso (BMB) : Sugeng Rawuh di Kendal Pak Marwoto, gimana kabarnya, semoga sehat nggih pak?
Marwoto : Malem mas Wartawan , Kabar saya sae (Bagus-red) . mari gabung sini sambil ngopi dan rokok.

Sejenak kemudian  Pak Purwito Budhi  Setiawan dari Kospin Sekartama selaku panitia utama datang dengan anak buahnya menghidangkan kopi, rokok dan jajanan khas Kendal didepan kami.

BMB : Pak Marwoto , menyikapi perkembangan dan dinamisasi Polri selaku abdi masyarakat, menurut panjenengan perlukah Polisi  paham tentang Budaya, baik budaya global maupun lokal?
Marwoto :  Ooh perlu sekali, karena jelas tugas Polri adalah menangani berbagai masalah yg ada di masyarakat, penanganan itu akan semakin mengena jika Polisi tau dan sadar tentang typikal masyarakatnya, nah, Budaya itu yang menjadi jembatan saling memahami antara Polri dan warga.

BMB : Apa efek pemahaman Budaya oleh Polri  dalam kehidupan kesehariannya
Marwoto : Begini mas, Budaya itu akan membawa manusia pada kehalusan budi pekerti dan saling memahami antara manusia satu dengan manusia yg lain, dengan pemahaman budaya yang baik maka akan terkondisi personil Polri yang sifatnya baik, saling tepo seliro, tegas ketika ada pelanggaran hukum namun tetap humanis di tengah warga.

BMB : Contohnya seperti apa Kang ?
Marwoto : Hlo kowe kok malah ngundang aku Kang? Kapan aku kawin karo mbakyumu hehehehe
Contohnya tak usah jauh jauh, para Kapolsek di Polres Kendal gelar selamatan dan doa setiap Jumat itu sudah merupakan implementasi budaya yang mengena dan berimbas positif di masyarakat, Kapolres Kendal nanggap Wayang saat HUT Bhayangkara lalu juga berefek positif, menandakan polisi membuka diri terhadap kesenian dan budaya.

BMB : Intinya apa tuh Pakde?
Marwoto : Hlaah malah saiki nyeluk aku Pakde,  intinya jelas yaitu untuk meraih simpati dan hati rakyat Polisi di semua level harus cinta budaya Indonesia , terapkan dalam kehidupan sehari hari, wis pasti joss, polisi akan dicintai rakyat

BMB : Menurut panjenengan Polisi itu bagaimana kinerjanya??
Marwoto;    Dalam bahasa lawaknya, Serbasusah, serba salah jadi Polisi, “Bener yo disalahke, opomaneh salah” maka dari itu adalah sebuah kehormatan manakala para Polisi Indonesia bekerja dengan sepenuh hati siang dan malam, memburu teroris, nyekel maling, mengatur lalu lintas dari pagi sampai pagi lagi, membina masyarakat mencegah Narkoba, wis komplitlah, tapi sing kebangeten kui ya segelintir masyarakat yang tak pernah menghargai kinerja Polri, seakan akan semua kerja polisi itu biasa saja, tapi kalo ada polisi melanggar sedikit saja, pemberitaannya melebar kemana mana.
BMB : Wis ah Pakde, saiki kita melenceng aja dari pakem wawancara, jan jane njenengan itu kok bisa pinter bikin kram perut gara gara lawakanmu kui idenya soko ngendi?
Marwoto : Ngene Ndes..(Hlah pelanggaran, ngundang wartawan BMB kok Gondes). Ngene, yang penting  sebagai pelawak itu harus menguasai materi terbaru dari isu yang berkembang di masyarakat, caranya piye, harus membaca koran, majalah dan lihat TV, syukur kalo bisa internet seperti saya ini hehehe..biar jelek asal sombong
BMB : Pengalaman melawak yang berkesan di mana saja boss?
Marwoto : Kemarin baru saja saya dan Mas Tarzan Srimulat diundang Mabes TNI ke Lebanon untuk menghibur pasukan Garuda 23 C yang bertugas disana, dua hari pentas sehari berikutnya kami diberi kesempatan untuk Umroh , disana ketemu temen temen dari  Polri dan TNI rasanya seneeeng banget .
BMB: Oke Pak Marwoto, matursuwun atas wawancaranya, semoga sukses selalu
Marwoto : Sami sami Mas Wartawan, salam sukses juga untuk Bapak Kapolres Kendal AKBP Kusdiantoro SH dan jajarannya, semua kru Majalah Bhara Mitra Bahurekso dan seluruh warga Kendal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar