Jumat, 09 Desember 2011

Kasatlantas Polres Kendal AKP Sarwoko



Kasatlantas Polres Kendal : AKP Sarwoko
“Disiplin berlalu lintas akan kurangi angka kecelakaan”


Menjabat Kasatlantas di Polres Kendal sebagai satelit dari Ibukota Provinsi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi AKP Sarwoko Pria kelahiran Boyolali 1965, baginya tugas dimanapun adalah sebuah kehormatan.
Mengawali karir dari Bintara di Polda Metro Jaya sejak 1986 hingga tahun 2000 kemudian setelah perwira dia bertugas di bagian umum Polda Aceh hingga 2004, berlanjut dengan empat tahun berdinas di sebagai perwira di Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh di tahun 2008 Sarwoko kembali ke Polda Jateng sebagai Kanit Dikyasa lalu Kanit Laka dan di tahun 2011 menjadi Kasatlantas Polres Kendal
Senin Pagi, wartawan Bhara Mitra Bahurekso (BMB) Adian dan Yoga serta Fotografer Zumroni berkesempatan mewawancarai AKP Sarwoko di ruang kerjanya, berikut petikan wawancaranya:
Kendal terkenal dengan tingkat pelanggaran lalu lintasnya yg tinggi, bagaimana kiat anda menyikapinya?
Tingkat pelanggaran yg tinggi merupakan tantangan tersendiri bagi kami selaku Polisi yang bertugas di bidang Lalu Lintas, cara menyikapinya adalah dengan mengajak masyarakat untuk “Menjadi Polisi bagi dirinya sendiri”.
Apa itu Polisi bagi dirinya sendiri??
Itu berarti masyarakat harus senantiasa menciptakan “polisi” dalam hati dan pemikirannya agar selalu sadar untuk tidak melakukan pelanggaran, taat pada peraturan hukum Negara, dan menghormati etika dan adat yang berlaku, jika perilaku positif sudah terkondisi maka akan lebih mudah dalam menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari hari, intinya semuanya dimulai dari kesadaran warga itu sendiri, bukan atas paksaan atau tekanan dari pihak luar.
Hubungannya Disiplin warga dengan ketertiban lalu lintas Ndan?
Jelas sangat berkaitan, disiplin dalam menaati aturan lalu lintas adalah langkah awal dalam mengurangi angka kecelakaan, ingat bahwa semua kecelakaan itu diawali dari sebuah pelanggaran.
Ada contoh kongkritnya Pak?
Contoh kecil saja, jika kita menerobos lampu merah, itu berpotensi menimbulkan kecelakaan karena dari arah samping atau depan kendaraan lain melaju kencang. Human error berperan disini.
Ada harapan untuk masyarakat dari Kasatlantas?
Kami dari jajaran Satlantas mengharapkan adanya hubungan yang baik dengan masyarakat,Kendal merupakan jalur yang tinggi intensitas kepadatan dan kecelakaan lalu lintasnya, tingkatkan kesadaran mematuhi peraturan berkendara untuk keselamatan diri demi terciptanya Kamseltibcarlantas dan tingkatkan kedisiplinan diri saat berkendara di jalan.
Untuk internal anggota Satlantas apakah ada pesan Pak?
Untuk Internal angggota Satlantas saya berharap untuk selalu tingkatkan kinerja dalam melayani masyarakat, kedepan kami upayakan bagi anggota untuk senantiasa mengikuti pelatihan dan training atau pendidikan yang menunjang bagi keahlian mereka dibidang lalu lintas, anggota Satlantas harus selalu berusaha instrospeksi kedalam , mengingat tugas Satlantas adalah melihat dan merancang, kita itu mengawali menyertai dan mengakhiri, dimana setiap pagi dari awal hingga malam hari Satlantas senantiasa ada untuk masyarakat.
Pandangan AKP Sarwoko tentang Media Massa sebagai mitra Polisi?
Media Massa baik itu cetak maupun elektronik adalah mitra bagi Polisi untuk menunjang kinerjanya , sesuaikan saja dengan Tugas Pokok dan fungsi ( Tupoksi ) masing masing, Saling membantu karena pada prinsipnya semua ingin kerjasama yg baik, untuk data misalnya tentang angka kecelakaan, operasi penegakan hukum tentu akan terbuka jika kerjasama terjalin baik.(editor:Aryo Widiyanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar