Rabu, 30 September 2015

Good Food Warm House



Good Food Warm House.


            Suatu Masa Rachael Ray, seorang pemandu acara memasak di televisi Amrik sono, pernah berkata “ Good food and warm Kitchen  are what makes a house a home” Makanan yang enak dan dapur yang hangat akan membuat sebuah rumah menjadi kediaman, ya, kediaman yang nyaman  begitu kira kira maksud si mbak Rachael .


            Siapapun pria , tanpa bermaksud diskriminasi gender, akan merasa betah di rumah atau dimana saja jika wanitanya bisa menghadirkan dapur atau makanan yang minimal bisa membuat nyaman hati, tak perlu mahal atau berkelas seperti Caviar atau Wine yang mahal, karena konon jenis makanan yang paling  disuka Presiden Soekarno adalah Sayur Lodeh Rebung dengan irisan Tempe, bahkan presiden pertama Indonesia itu sering mengintervensi dapur rumah maupun dapur istana Kepresidenan dengan meracik sendiri bumbu untuk masakan ini, atau sejak 2010 segenap personel dapur Istana melihat betapa pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mahir meracik Nasi Goreng dan beragam olahan Tahu (Refensi dari Kompas Sabtu 8 Agustus 2015).

            Bagaimana dengan dapur anda dirumah wahai para pria? Kalo saya sih anteng aja, wanita saya pandai memasak, jelaslah itu, yang gak jelas itu jika pertanyaannya “Wanita yang mana nih?” hehehe.

            Serius, simboknya anak anak saya pandai memasak, karena percaya atau tidak, saya sering memperhatikan seseorang itu bukan an sich dari fisik semata, tapi kadang sengaja suatu saat ada semacam test kecil, seperti saat makan siang tiba saya sengaja bertanya, “Eh, masak apa dirumah?”  dan jika makanannya cocok seperti Mangut Ikan Asap, atau Acar Ikan Layur atau  Sayur Bening, kadangkala saya makan agak lebih banyak dari biasanya, sembari makan  kami membicarakan semua hal mulai dari dinamika rumah tangga hingga pekerjaan.

            Saya pernah menjelajah wisata kuliner , namun yang palingmengesankan adalah menikmati makanan dengan orang yang kita cintai di dapur, ruang tamu, atau dimana saja,  menikmati makanan adalah tentang rasa dan suasana hati, jika mood sedang baik, percayalah semua  akan terasa nikmat.
           
So Guys, mari makan dan nikmati suasana bersama pasangan, keluarga dan semua cinta karena seperti kata Decimus Iunius Juvenalis , “ Duas Tantum Res Anxius Optat, Panem Et Circenes” artinya kira kira : Ada Dua hal yang dirindukan manusia yaitu makanan dan Sirkus.

Aryo Widiyanto, Journalist,   Traveller , Backpacker, Photographer, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi dan Abdi Negara, Facebook :Aryo Widiyanto
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar