Jumat, 25 September 2015

Selamat Ultah ke 205 Bandung



Happy  Aniversary Bandung !!


Hari Jadi Bandung yang ke 205 jatuh di tanggal 25 September 2015, ada banyak catatan saya tentang kota ini, luar biasa banyak.
            

Sejak muda sebenarnya saya sudah akrab dengan kota ini, saat mahasiswa dan aktif di organisasi pemandu wisata, saya yang waktu itu masih bujang sudah akrab dengan keindahan dan keramahan Bandung, teringat waktu itu kami berombongan sebagai delegasi dari Dinas Pariwisata Provinsi Jateng menginap di mess Pusat Persenjataan Infanteri  (Pussenif)  malamnya kami hangout di Bandung Indah Plaza (BIP)  Damn great memoriest.





Terakhir saya ke Bandung adalah saat diundang bos saya Pak Dosi dan Bu Shinta saat beliau masih dinas di Padalarang, saya  kembali  menyusuri kota Bandung yang bersih, segar dan rimbun dengan pepohonan besar,  jalanan kota Bandung sebagaimana pernah saya lihat beberapa tahun lalu masih tetap bersih dan terawat, sepanjang jalan ada petugas dari pemerintah yang berpakaian Wearpack oranye menyapu dan membawa tempat sampah besar warna biru, halte bus pun bersih, halaman perkantoran dan pertokoan tampak menyediakan tempat sampah ukuran besar.


            Satu hal yang menjadi catatan saya bahwa Bandung merupakan  salah satu kota yang ramah pelajar salah satunya adalah ketika pagi itu sebuah bus berukuran besar berwarna kuning cerah bertuliskan besar “Bus Sekolah” melintasi jalanan, saat ada beberapa pelajar yang berdiri di pinggir jalan , kendaraan ini sigap menepi dan mengangkut  anak sekolah itu, pemandangan yang  unik mengingat jaman sekarang bus sekolah jarang ada di sebuah kota.


            Surga ketika menginjakkan kaki di Bandung adalah keberagaman makanannya, mulai dari Bubur Ayam sampai Brownies digelar sepanjang waktu, banyak pedagang buka hingga tengah malam, disini sepertinya semua makanan laku terjual, bahkan Tahu Kuning diberi cocolan Kecap saja diserbu pembeli, memang menyenangkan makan ditengah hamparan jalanan yang bersih, penduduk yang ramah, dan harga makanan yang relatif terjangkau.  hmm..sebuah kota yang potensial untuk bisnis kuliner

            Menjelang malam tiba, suasana riuh menyelimuti dinginnya udara, di seputaran Gedung Sate, Gasibu, atau didepan BIP, dan jalan Asia Afrika, banyak rombongan keluarga,  anak muda atau yang hanya sekedar hangout sambil menikmati malam, tertib suasananya, tak ada sesuatu yang membuat kita pantas khawatir, menyenangkan sekali, pantaslah kota ini dijuluki Paris Van Java, coz It’s so romantic being here.

            Hari kedua, ketika semua kegiatan sudah selesai saya diberi bonus one day tour oleh bos, saya memilih ke Saung Angklung Mang Udjo, sebuah pertunjukan tradisional khas Sunda yang ada di Padasuka dekat Cicaheum,  tepatnya di jalan Jl. Padasuka 118 Bandung,
Di Usia yang ke 205 ini dibawah kepemimpinan Kang @ridwankamil, saya berharap Bandung teteup aman , nyaman , sejuk dan cantik, sayang ya kang kemaren di twitter ada berita penyanyi Sherina dipalak geng motor di Cihampelas, padahal setau saya teh Cihampelas mah aman , kumaha atuh kang ridwan kamil? 
Aryo Widiyanto, Journalist,   Traveller , Backpacker, Photographer, Blogger di aryowidiyanto.blogspot.com. Twitter di @aryowidi dan Abdi Negara, Facebook :Aryo Widiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar