Selasa, 04 Januari 2011

Kepada Satlantas

Beberapa tahun lalu ketika saya masih ngangsu kawruh di Semarang, lalu lintasnya sangat disiplin dan tertib. Para pengendara mematuhi peraturan walau tanpa petugas. Mitos Satlantas yang tanpa kompromi menilang dan Buser yang siap mengejar pelanggar sangat kuat di hati masyarakat dan melegenda waktu itu.

Bahkan saking tertibnya, Semarang pernah mendapat predikat sebagai kota yang disiplin dalam berlalu lintas. Kini keadaan berubah manakala lewat bunderan Kalibanteng, di Pamularsih bahkan di Jl Indraprasta ternyata banyak pengendara tanpa memakai helm melintasi jalan raya itu.

Kamera digital teman saya bahkan mengabadikan momentum tersebut dan anehnya di dekat lokasi ada pos Polisi. Helm merupakan alat keselamatan penting bagi pengendara yang jika dibiarkan dikhawatirkan jatuhnya korban jiwa karena ketidakpatuhan mentati peraturan. Menjadi tugas Polisi untuk menindak pelakunya.

Untuk Pak Poltas Semarang, jika tak pakai helm dibiarkan lalu bagaimana bila merembet ke kota kecil seperti Kendal, Demak dan sekitarnya. Semoga kedisiplinan lalu lintas yang dulu menjadi ciri khas Kota Semarang bisa tetap dipertahankan.

Aryo Widiyanto AMd

Jl Sri Agung 234 Cepiring, Kendal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar