Kamis, 27 Januari 2011

Wacana
20 Januari 2011
Asuransi dan Lelang 2680 di Simpati Memotong Pulsa
Saya adalah pemakai telepon seluler pelanggan setia provider Simpati dari Telkomsel, sudah sekitar tujuh tahun memakai kartu dari penyedia layanan tersebut. Namun dalam beberapa bulan terakhir ini saya merasa cukup terganggu dengan konten bertajuk 2680 yang sepertinya agak ‘’memaksa’’ dalam menyodorkan produk kepada konsumen.

Contohnya ketika Senin 10 Januari 2011 jam 06.16, saya mendapat SMS dari sebuah nomor yang tertera di layar HP yaitu 2680, bunyinya:
Lelang ditutup hari ini s/d jam 23:00 WIB atau jika 10 menit harga tetap. Harga saat ini : Yamaha Mio Rp 49395 tuk tawar tekan *268*1#, BlackberryBoldOnyx Rp 20155 utk tawar tekan *268*2# tariff akses Rp 2200. utk stop tekan * 268# pilih 1. Lelang, pilih S.Stop Lelang, tariff Rp.O. cs: 021-57956947.”

Beberapa detik kemudian saya cek pengeluaran pulsa saya di *887# terpampang tulisan ‘’Biaya akses event terakhir adalah Rp 2200 dst... ”
Yang membuat tidak habis pikir adalah, saya tidak pernah merasa berlangganan kuis apa pun di Telkomsel, tapi tiba-tiba ada SMS dari 2680 dan yang jelas pulsa saya berkurang Rp 2.200 tanpa ada persetujuan apa pun dari saya selaku konsumen.

Bukan hanya itu sehari sebelumnya juga ada SMS dari 2680 yang sebagian bunyinya adalah bahwa saya dilindungi oleh asuransi dengan klaim maksimal berapa hari..bla..bla..bla, dan ketika saya check di *887# kembali pulsa saya berkurang Rp 2.200.

Untuk asuransi 2680 ini memang saya rasa sudah sekitar tiga bulan setiap tanggal muda selalu memberi SMS ke nomor HP saya dan sempat saya hentikan dengan menekan nomor untuk menghentikan asuransi yang terpampang sesuai petunjuk di SMS yang dikirimkan oleh 2680. Tapi bulan berikutnya SMS itu hadir kembali plus dengan mengurangi pulsa. Lalu dimana letak keadilan saya sebagai konsumen, wong sudah menyatakan berhenti ikut asuransi (yang bahkan saya tidak pernah/merasa atau berniat mengikutinya), kok masih dikirimi SMS yang ujung-ujungnya mengurangi pulsa.

Sebagai konsumen setia Telkomsel saya merasa keberatan dengan cara Telkomsel mengadakan kuis yang berkesan memaksa dan membebankan biaya akses SMS sebesar Rp 2.200 kepada pelanggan. Seharusnya sebelum pelanggan dibebani biaya SMS, ada penawaran dan persetujuan terlebih dahulu, namun 2680 ini kok sepertinya begitu SMS datang, malah pelanggan langsung dihebani biaya SMS.

Mohon Telkomsel sebagai penyedia layanan komunikasi untuk lebih bijak dalam mengadakan sebuah kuis karena jelas bahwa lelang atau asuransi yang diadakan lewat nomer 2680 itu mengurangi kenyamanan dalam menggunakan kartu Simpati yang terkenal luas jaringannya dan kuat sinyalnya. Namun jika terpaksa tidak ada tanggapan dari Simpati dan Telkomsel, maka tentu jangan salahkan jika saya dan keluarga serta kolega di organisasi yang saya pimpin hilang kepercayaan dan berujung pada berpindah ke lain penyedia layanan.

Aryo Widiyanto
Jl Sriagung 234
Cepiring, Kendal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar