Selasa, 04 Januari 2011

Tersadarkan oleh Baliho Kecelakaan Lalin

Persepsi masyarakat tentang kecelakaan Lalu lintas(laka lantas) terkadang agak meremehkan. Misal saya. Saya selalu beranggapan kecelakaan ya paling serempetan antarkendaraan atau orang jatuh dari motor lalu lecet dan memar.
Pengetahuan saya tentang lakalantas sontak berbalik ketika Unit LakaIantas Satlantas Polres Kendal memasang baliho/papan informasi mengenai jumlah korban lakalantas di Kendal pada Januari hingga Desember 2008 di titik strategis jalan raya Boja, Kaliwungu, dan Weleri.

Di situ tercantum korban meninggal 60 orang, luka berat 56, dan luka ringan 770. Korban lakalantas periode Januari hingga April 2009, jumlah yang meninggal 12 orang, luka berat 14, luka ringan 195. Waduh, ngeri juga waktu ngebacanya....

Efek dari pemasangan plang itu jelas membuat masyarakat jadi berpikir ulang untuk bertindak sembrono di jalan. Tanpa disadari warga akan berupaya mematuhi peraturan demi keselamatan diri sendiri tanpa harus ditegur atau ditilang oleh polisi. Ada semacam perasaan untuk lebih hati - hati agar tidak jadi korban berikutnya yang akan menambah jumlah angka di baliho tersebut.

Salut untuk Kasatlantas AKP Hendro Widiyanto SIK dan Kanit Laka Iptu Suratno yang kreatif mengingatkan warga Kendal tanpa ada unsur paksaan atau berkesan menggurui. Ke depan semoga jumlah kecelakaan semakin berkurang. Masyarakat semakin memahami dan menyadari arti penting mematuhi peraturan lalu lintas. Bravo polisi...!!

Aryo Widiyanto
Jl Sri Agung 234 Cepiring Kendal

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar