Sabtu, 20 April 2013

Bagaimana Dinsos Kendal,Kok Banyak Orang Gila Berkeliaran


Mencermati Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Kendal Dalam menangani Orang Gila.

Memprihatinkan: beginikah Kabupaten Kendal yang berslogan Kota Beribadat memperlakukan sesama manusia??
                Beberapa waktu lalu terbetik kabar mengejutkan bahwa seseorang yang diduga tidak waras atau orang lazim menyebutnya Orang Gila  membunuh seorang ketua RW yang sedang  menunggui sawahnya di Korowelang Kecamatan Cepiring,Kasus itu terjadi di wilayah hukum Polsek Cepiring Polres Kendal.
                Terlepas dari berita diatas tentu sangat tak manusiawi jika kita membiarkan saudara kita sesama manusia yang karena berbagai sebab kehilangan akal sehatnya untuk kemudiaan menggelandang dan berkeliaran di jalan tanpa  arah yang pasti karenaa keterbatasan mereka.
                Bayangkan seandainya itu sanak saudara kita, atau kita sendiri yang menjadi seperti mereka, terlunta tanpa ada yang mengurus dan memperhatikan, bagaimana perasaan anda dan keluarga jika terjadi demikian.
                Tanpa bermaksud menyalahkan atau mencari siapa yang paling bertanggung jawab, tentu adalah tugas bersama untuk memecahkan masalah banyaknya orang gila yang berkeliaran di kota Kendal.
                Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Kendal tentu memegang peranan penting dalam memecahkan masalah ini, pertanyaannya, apakah di Kendal ada tempat representatif untuk menampung  Orang Gila ?? apakah penanganannya hanya cukup dengan sistem “Garukan” dan menempatkan mereka di wisma sosial, apakah ada dana cukup dari pemerintah untuk membawa mereka sekedar berobat di Rumah Sakit Jiwa?
                Ingatlah bahwa ini adalah mengenai manusia, bukan hewan ternak yang lepas atau berburu  hantu tak jelas juntrungnya seperti di film picisan, dibutuhkan sebuah penanganan khusus , spesifik dan transparan, jangan sampai hanya mengutamakan razia dan saling buang antara satu kabupaten dan kabupaten lain, ingat ini masalah nyawa manusia.
                Kedepan  semoga Dinas Sosial Kabupaten Kendal  semakin serius dalam memanusiakan para Orang Gila yang semakin sering terlihat di tengah kota, dan bahkan di pedesaan, dibutuhkan seorang Kepala Dinas yang mumpuni dalam menangani masalah ini, semoga tulisan ini bermanfaat.( Aryo Widiyanto  Redaktur Majalah Bhara Mitra Bahurekso Polres Kendal, Traveller,Backpacker, Petualang yg tinggal di Akun Facebook    :( Aryo Widiyanto  Traveller,Backpacker, Petualang yg tinggal di Akun Facebook :Aryo Widiyanto .      Twitter: @aryo_widi.           blogspot: aryowidiyanto.blogspot.com.            dan tidur dengan pin blackberry :21DC007F) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar