Kamis, 18 April 2013

Jahe Serbuk Asli Kalimantan



Jahe Serbuk Asli Kalimantan

                                Jahe dengan nama ilmiah Zingiber officinale , merupakan tanaman rimpang yang sangat umum digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat, diantara khasiatnya adalah :
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi). Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.
  • Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya, mengobati hati yang membengkak, batuk dan demam.
Di Kabupaten Kendal Jawa Tengah ,sejumlah Ibu Rumah Tangga yang tergabung dalam PKK Melati di Perum Cepiring Indah telah berkreasi menciptakan sebuah minuman serbuk jahe yang mereka namakan “Jahe Serbuk Asli Kalimantan”, kenapa menggunakan nama Kalimantan, karena kreator dari Jahe Bubuk Ini adalah seorang wanita Kalimantan asli yang berasal dari Suku Dayak , dia akrab disapa Bu Toyo , keahliannya membuat minuman serbuk dengan tehnik ala suku Dayak itu kini ditularkan kepada para tetangganya dan terciptalah Jahe serbuk ini.
            Rasa dari Bubuk jahe ini berbeda dari serbuk jahe instan yang dijual di pasaran, pedas dan hangatnya lebih lama terasa, dan tentu tanpa efek samping karena produk rumahan ini murni terbuat dari jahe tanpa ada bahan pengawet kiiawi lainnya.
            Minuman Jahe serbuk ini pas dan terasa enak diminum di dinginnya malam atau saat hujan tiba sambil bercengkerama dengan orang terkasih kita dirumah.
            Dalam setiap Sachetnya Minuman serbuk Jahe Kalimantan ini dijual dengan harga Rp 12.500 (Ambil di tempat),untuk pemesanan dari luar kota ditambah ongkos kirim dan stok terbatas Limited edition karena dikerjakan murni menggunakan ketrampilan tangan alias Handmade dan bisa diorder di Ibu Anita di line 085743665760.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar